• Senin, 24 Januari 2022

Cara 4 Perempuan Bandung Lestarikan Batik: Riset, Pembinaan, Pameran, dan Buku

- Jumat, 24 September 2021 | 19:58 WIB
Empat dosen dan seniman Ariesa Pandanwangi, Nuning Damayanti, Arleti Mochtar Apin, dan Belinda Sukapura Dewi, angkat potensi Batik Bercerita. (Dok. Ariesa Pandanwangi.)
Empat dosen dan seniman Ariesa Pandanwangi, Nuning Damayanti, Arleti Mochtar Apin, dan Belinda Sukapura Dewi, angkat potensi Batik Bercerita. (Dok. Ariesa Pandanwangi.)

MIKROFON.ID – Secara rutin, empat dosen perempuan Ariesa Pandanwangi, Nuning Damayanti, Arleti Mochtar Apin, dan Belinda Sukapura Dewi, beranjak dari kelas untuk melakukan pengabdian masyarakat.

Sebagai akademisi, peneliti, sekaligus pelaku seni, mereka tak henti berkeliling kota hanya untuk menyokong perkembangan seni, terutama batik, di kalangan perajin.

Dedikasi mereka pada seni rupa terdokumentasikan melalui distribusi ilmu ini yang membuat nama keempatnya dikenal di berbagai kota.

Baca Juga: Menyingkap Potensi Folklor dalam Batik Bercerita

Pada 2019, mereka mendatangi sejumlah industri di Garut, Jogja, Jakarta, Cirebon, dan Pekalongan. Mereka mengenalkan sebuah potensi baru untuk mendongkrak industri batik di wilayah setempat, yakni Batik Bercerita.

Setiap industri dan perajin didorong untuk mengangkat kisah legendaris dari daerahnya. Pelatihan dan pembinaan aktif dilakukan, meski harus dilakukan secara virtual tatkala pandemi merangsek di awal 2020.

Empat dosen dan seniman Ariesa Pandanwangi, Nuning Damayanti, Arleti Mochtar Apin, dan Belinda Sukapura Dewi, menggelar pameran “Batik Bercerita Dari Nusantara,” yang dihelat di Galeri Thee Huis, Dago, Bandung, 14-21 September 2021. (mikrofon.id.)

Kepadatan pertemuan yang digelar hybrid ini akhirnya menghasilkan pameran “Batik Bercerita Dari Nusantara,” yang dihelat di Galeri Thee Huis, Dago, Bandung, 14-21 September 2021.

Pameran ini merupakan hasil karya penelitian produk hilirisasi dari sentra industri kreatif dengan hibah dari Kemendikbudristek dan didukung Disparbud Jabar.

Halaman:

Editor: Muhammad Fikry Mauludy

Tags

Terkini

Menyingkap Potensi Folklor dalam Batik Bercerita

Senin, 27 Desember 2021 | 14:00 WIB

Biografi dan Jejak Karya Seniman Rini Maulina

Senin, 27 Desember 2021 | 13:55 WIB

Ebenz Burgerkill: Tuhan Pasti Punya Rencana Baik

Senin, 27 Desember 2021 | 13:49 WIB

Terpopuler

X