• Senin, 24 Januari 2022

Menyerap Energi Sumber Kehidupan pada Pameran “Indung Si Mata Holang”

- Jumat, 24 September 2021 | 18:44 WIB
Pameran tunggal Rini Maulina bertajuk “Indung Si Mata Holang,” terpajang di Griya Seni Popo Iskandar, Jalan Setiabudi, Bandung, 3-24 September 2021.  (Dok. Griya Seni Popo Iskandar.)
Pameran tunggal Rini Maulina bertajuk “Indung Si Mata Holang,” terpajang di Griya Seni Popo Iskandar, Jalan Setiabudi, Bandung, 3-24 September 2021.  (Dok. Griya Seni Popo Iskandar.)

MIKROFON.ID – Masyarakat tradisional Sunda meyakini bahwa matahari adalah inti dari budaya astronomi Sunda.

Etno-Astronomi Sunda mengenal matahari sebagai patokan penunjuk waktu, nama waktu dan rentang waktu dalam sehari, disertai dengan munculnya tanda-tanda alam yang terjadi saat peredaran matahari. Matahari adalah energi penting bagi kehidupan masyarakat Sunda.

Menyerap makna tersebut, matahari dipilih sebagai perupaan dari tema sumber kehidupan lewat pameran tunggal Rini Maulina bertajuk “Indung Si Mata Holang.”

Karya-karya Rini dipamerkan di Griya Seni Popo Iskandar, Jalan Setiabudi, Bandung, pada 3-24 September 2021, dan menjadi bagian dari kemeriahan Bandung Art Month Ke-4 2021. Bagi yang tak sempat berkunjung, tersedia karya-karya digital yang bisa diakses melalui link berikut: “Pameran Indung Si Mata Holang.”

Baca Juga: Biografi dan Jejak Karya Seniman Rini Maulina

Indung Si Sumber Kahirupan

Melalui catatan yang diterima mikrofon.id, konsep perupaan yakni matahari dipilih Rini untuk makna indung sebagai simbol sumber kehidupan.

Energi sinar matahari telah membentuk kehidupan di bumi sekaligus mengubah iklim serta cuaca.

Unsur rupa, gaya perupaan, dan komposisi unsur rupa yang terdapat pada karya ini yaitu matahari, awan, langit, air, flora, dan fauna.

Halaman:

Editor: Muhammad Fikry Mauludy

Tags

Terkini

Menyingkap Potensi Folklor dalam Batik Bercerita

Senin, 27 Desember 2021 | 14:00 WIB

Biografi dan Jejak Karya Seniman Rini Maulina

Senin, 27 Desember 2021 | 13:55 WIB

Ebenz Burgerkill: Tuhan Pasti Punya Rencana Baik

Senin, 27 Desember 2021 | 13:49 WIB

Terpopuler

X