• Selasa, 30 November 2021

Kesuksesan PON XX Papua Milik Siapa?

- Rabu, 3 November 2021 | 15:05 WIB
Di balik kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua, masih tersisa masalah dan tanda tanya. Kesuksesan PON XX Papua milik siapa? (Tangkap layar Youtube Sekretariat Negara)
Di balik kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua, masih tersisa masalah dan tanda tanya. Kesuksesan PON XX Papua milik siapa? (Tangkap layar Youtube Sekretariat Negara)

MIKROFON.ID - Meski masih menyisakan banyak persoalan, banyak pihak menyatakan jika penyelenggaraan pekan olahraga nasional ke-20 di Papua baru-baru ini sukses.

Namun, publik juga mencatat sederet masalah yang menyertai penyelenggaraan PON XX di Papua. Mulai dari munculnya klaster Covid-19 sampai kabar seorang relawan perempuan yang menjadi korban pemerkosaan.

Masalah lain yang mencuat baru-baru ini adalah belum dibayarkannya uang pengganti transportasi para relawan yang mendorong mereka berdemonstrasi.

Dengan deretan masalah yang masih tersisa, muncul pertanyaan publik, jika PON XX Papua dinyatakan sukses, kesuksesan ini milik siapa?

Seorang akademisi Papua yang tidak bersedia disebutkan namanya mengungkapkan jika pelaksanaan PON XX di Papua lebih merupakan semacam "politik identitas".

"Istilah 'Papua bisa' nyatanya hanya slogan. Uang dari Jakarta, tenaga kining servis dari sono, sopir bus semua dari sana," ungkapnya belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, pemerintah mengalokasikan Rp3.535,4 miliar dana APBN untuk mendukung penyelenggaraan PON XX dan Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Papua.

Namun dengan begitu besarnya anggaran yang dikucurkan negara untuk ajang tersebut, bukan hanya para relawan dan warga Papua saja yang mengungkapkan kegelisahan akan minimnya keterlibatan masyarakat dan perhelatan olahraga nasional ini.

Reza Pamungkas, salah satu konsultan perencana PB PON yang bertugas sejak awal perencanaan di tahun 2018, mengungkapkan kekecewaannya atas keterlibatan konsultan asing dalam penyelenggaraan PON XX.

Halaman:

Editor: I Haris

Tags

Terkini

Kesuksesan PON XX Papua Milik Siapa?

Rabu, 3 November 2021 | 15:05 WIB

Jokowi, Haji Isam dan Beneficial Ownership

Senin, 1 November 2021 | 11:01 WIB

Bus Tersangkut di Bawah Jembatan Viaduct Bandung

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:21 WIB
X