• Senin, 24 Januari 2022

Prakiraan Hujan Deras, Banjir, dan Tanah Longsor Oktober 2021, Ini Penjelasan Peneliti Klimatologi

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:14 WIB
Ilustrasi hujan dan petir. Peneliti klimatologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan daerah berpotensi hujan deras, banjir, dan longsor. (Designed by brgfx/Freepik)
Ilustrasi hujan dan petir. Peneliti klimatologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan daerah berpotensi hujan deras, banjir, dan longsor. (Designed by brgfx/Freepik)

MIKROFON.ID – Potensi hujan deras yang diikuti banjir dan tanah longsor Oktober 2021 diperkirakan akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkap beberapa daerah di Indonesia perlu bersiap menghadapi potensi hujan deras yang dapat menimbulkan banjir dan tanah longsor pada Oktober 2021.

Peneliti klimatologi Erma Yulihastin mengatakan, wilayah yang perlu mewaspadai hujan deras, banjir, dan longsor yakni Aceh, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, Maluku bagian selatan (sekitar Ambon) dan daerah pegunungan Papua.

“Daerah-daerah ini mempunyai probabilitas sangat tinggi untuk mendapat curah hujan deras yang dapat menimbulkan banjir dan tanah longsor,” tutur Erma, seperti dikutip Antara, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Baca Juga: Guru Besar IPB Tanggapi Pernyatan Polri Terkait Pinjol Ilegal, Usut Tuntas Hingga Atas

Erma, yang merupakan peneliti di Pusat Riset Sains dan Teknologi Atmosfer BRIN itu menambahkan, dalam Oktober 2021 ini sebagian besar wilayah Indonesia kemungkinan besar sudah memasuki musim hujan.

Di Laut Arafura dan Laut Banda kemungkinan besar akan terjadi angin kencang dan gelombang laut, sementara di Laut Jawa mendapat kemungkinan yang kecil.

Pada November 2021, sebagian wilayah Jawa mulai memasuki musim hujan. Adapun pada Desember 2021 Nusa Tenggara akan memasuki musim hujan.

Erma menjelaskan, curah hujan di wilayah barat Indonesia terpantau mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan Agustus dan rata-rata hujan bulan September.

Halaman:

Editor: Muhammad Fikry Mauludy

Tags

Terkini

Budayawan: Arteria Kurang Paham Karakter Budaya Sunda

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:43 WIB

Sepekan Erupsi Semeru, Korban Meninggal Capai 46 Orang

Minggu, 12 Desember 2021 | 10:55 WIB

Terpopuler

X