• Senin, 24 Januari 2022

Peneliti Ungkap Merokok Bisa Membakar Lebih Banyak Kalori

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 13:53 WIB
Jarang diketahui publik, bahwa ternyata ada beberapa penelitian yang mengungkapkan dampak positif rokok bagi kesehatan.
Jarang diketahui publik, bahwa ternyata ada beberapa penelitian yang mengungkapkan dampak positif rokok bagi kesehatan.

MIKROFON.ID - Banyak penelitian telah mengungkap dampak negatif rokok bagi kesehatan, namun jarang diketahui publik bahwa ternyata ada beberapa penelitian juga yang justru menunjukkan dampak positif rokok bagi kesehatan.

Peneliti di fakultas kedokteran University of Maryland Amerika Serikat, Jodi Flaws, mengungkapkan manfaat rokok dalam membakar kalori dapat menghambat laju obesitas.

"Dalam banyak penelitian, anda bisa mendapati para perokok pada umumnya lebih langsing. Kami pastinya menyaksikannya dalam kajian-kajian kami," ungkap Jodi kepada The Guardians.

Pakar Toxicology University of Illinois yang juga menjabat sebagai Dewan Editor pada jurnal sains dan kesehatan terkemuka 'Elsevier' ini mengungkapkan bahwa hal tersebut terkait dengan kemampuan rokok dalam membakar kalori.

"Sebagian peneliti berpendapat karena unsur-unsur kimiawi tertentu pada rokok yang membuatnya membakar lebih banyak kalori, peneliti lainnya percaya unsur-unsur kimia tersebut menekan nafsu makan. Mungkin keduanya," ungkapnya.

Ilmuwan lainnya juga menemukan bukti-bukti bahwa merokok, dalam situasi tertentu, dapat mencegah demensia.

Banyak jenis demensia yang timbul seiring hilangnya reseptor kimia di otak yang dirangsang oleh nikotin. Merokok tampaknya meningkatkan reseptor ini, dan perokok memiliki lebih banyak reseptor ini.

"Tampaknya nikotin memiliki efek pencegahan, tetapi masalahnya adalah zat lain dalam rokok cenderung merusak segalanya," ungkap Roger Bullock, spesialis demensia dan direktur Kingshill Research Center Swindon.

Sering timbul juga pertanyaan di tengah masyarakat, kenapa tidak sedikit perokok yang kesehatannya tampak baik-baik saja?

Halaman:

Editor: I Haris

Tags

Terkini

Ngotok Ngowong dan Budaya Tembakau Garut

Sabtu, 1 Januari 2022 | 19:24 WIB

Ranked Season Terbaru dan Cara Push Rank di Free Fire

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:56 WIB

Terpopuler

X